Diklat Dasar KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang Angkatan 26 Tahun 2022/2023

Diklat Dasar KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang Angkatan 26 kami selenggarakan untuk mempelajari tentang 8 materi pokok palang merah dan materi Diklat Dasar KSR yang dilaksanakan dengan sistem seminar praktik dalam ruangan dan lapangan, yaitu selama 3 hari. Diklat ruang KSR Dasar sebagai Diklat hari pertama yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022 melalui Zoom Meeting dan Diklat lapangan sebagai Diklat hari kedua dan ketiga dilaksanakan pada tanggal 26-27 November 2022 di Bumi Perkemahan Panglungan 2 Wonosalam Jombang.

Diklat hari pertama dilakukan secara online yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 25 November 2022, dimulai pada pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB melalui Zoom Meeting.

Untuk mengawali kegiatan dibuka dengan acara pembukaan oleh Ibu Ima Chusnul Khotimah selaku Pembina UKM KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang.

Kegiatan Diklat Dasar pada hari pertama diisi dengan materi, yakni Sejarah Kepalangmerahan dan Bulan Sabit Merah Internasional, Organisasi PMI, dan Kepemimpinan.

Materi pertama Gerakan Palang Merah dan BSM Internasional telah disampaikan oleh Elfin Agustin, S.Pd. materi ini membahas tentang sejarah lahirnya gerakan palang merah dan bulan sabit merah, lambang, dan prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah Internasional. Materi telah disampaikan melalui Zoom Meeting telah dimulai pada pukul 13.00 WIB s.d 14.00 WIB.
Materi kedua Organisasi PMI telah disampaikan oleh Khafidh Zakaria, S.Pd. materi ini membahas tentang sejarah lahirnya Palang Merah di Indonesia, dasar hukum PMI, visi misi PMI, struktur organisasi PMI, tugas pokok dan tugas khusus PMI, dan kegiatan PMI. Materi telah disampaikan melalui Zoom Meeting telah dimulai pada pukul 14.00 WIB s.d 15.00 WIB.
Materi ketiga adalah Kepemimpinan yang akan disampaikan oleh Auliyaul Ummah, S.Pd. materi ini membahas tentang apa itu kepemimpinan, fungsi dan tipe kepemimpinan, dan komunikasi. Materi telah disampaikan melalui Zoom Meeting telah dimulai pada pukul 15.30 WIB s.d 16.30 WIB.

Kegiatan Diklat Dasar KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang adalah Diklat Dasar yang dilakukan secara offline selama 2 hari di Bumi Perkemahan Panglungan 2 Wonosalam. Diklat dasar hari kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 26 November 2022, dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Untuk mengawali kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan oleh saudari Runtut Dwi Jayanti selaku Ketua UKM KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang yang dilaksanakan di lapangan basket STKIP PGRI Jombang dan dilanjutkan dengan persiapan dan pemberangkatan menuju Bumi Perkemahan Panglungan 2 Wonosalam.
Foto bersama setelah apel pembukaan Diklat Dasar KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang pada hari kedua di Lapangan Basket STKIP PGRI Jombang sebelum pemberangkatan menuju ke Bumi Perkemahan Panglungan 2 Wonosalam Jombang.

Pada hari kedua diisi dengan materi, yakni Pasang Bongkar Tenda (PBT), Pertolongan Pertama, Pengantar Manajemen Bencana, Assesment, dan Dapur Umum.

Meteri keempat adalah Pasang Bongkar Tenda yang akan disampaikan oleh Khafidh Zakaria, S.Pd., materi ini membahas tentang bagian-bagian tenda dan peralatannya, cara mendirikan dan membongkar tenda, serta melaksanakan Praktik mendirikan dan membongkar tenda. Materi telah disampaikan di aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB.
Materi kelima adalah Pertolongan Pertama yang akan disampaikan oleh Nafiā€™ah, S.Pd., materi ini membahas tentang pengertian PP dan medis dasar, tujuan PP, dasar hukum PP, kewajiban seorang penolong, peralatan PP, alat pelindung diri (APD), dll. Materi telah disampaikan di aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 13.00 WIB s.d 15.00 WIB.
Materi keenam adalah Pengantar Manajemen Bencana yang akan disampaikan oleh Septi Indra Oktavia,S.Pd. materi ini membahas tentang pengertian bencana, bahaya, risiko, dan kerentanan dalam bencana, dll. Materi telah disampaikan di aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 15.30 WIB s.d 16.30 WIB.
Materi ketujuh adalah Assesment yang akan disampaikan oleh Mekahana Hikmah F., materi ini membahas tentang identifikasi dan analisa sebuah situasi bencana. Materi telah disampaikan di aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 16.30 WIB s.d 17.30 WIB.
Materi kedelapan adalah Dapur umum yang akan disampaikan oleh Novia Putri W, S.Pd., materi ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan dapur umum saat terjadi bencana. Materi telah disampaikan di aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 18.30 WIB s.d 19.30 WIB.
Setelah selesai penyampaian materi, dilanjutkan dengan pensi yang ditampilkan oleh peserta yang telah dibagi kelompok. Pentas seni ditampilkan di Aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 20.00 WIB s.d 21.00 WIB.
Kegiatan terakhir, dilanjutkan dengan sharing alumni yang disampaikan di Aula Panglungan 2 Wonosalam telah dimulai pada pukul 21.00 WIB s.d 22.00 WIB.
Sedangkan Diklat Dasar KSR pada hari ketiga telah dilaksanakan pada hari Minggu, 27 November 2022, yakni dimulai dengan pengukuhan. Dalam kegiatan tersebut, panitia menyediakan 4 pos dengan tema permasalahan yang berbeda terkait keorganisasian. Kegiatan dilakukan dengan alumni, panitia, dan peserta di halaman Panglungan 2 Wonosalam pada pukul 01.30 WIB s.d 03.30 WIB.
Kemudian. dilanjutkan dengan kegiatan simulasi bencana (Pertolongan Pertama) dimana dalam kegiatan ini panitia sebagai korban pada situasi bencana, sedangkan peserta melakukan praktik penanganan terhadap panitia kegiatan selaku sebagai korban bencana. Kegiatan ini telah dilakukan di halaman Panglungan 2 Wonosalam pada pukul 04.00 WIB s.d 06.00 WIB.
Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan senam yang dilakukan oleh panitia dan peserta yang dilaksanakan di Aula Panglungan 2 Wonosalam pada pukul 06.00 WIB s.d 07.00 WIB.
Kemudian, dilanjutkan dengan praktik dapur umum yang telah dipraktikkan oleh langsung peserta diklat dan didampingi oleh panitia, dilakukan di halaman Panglungan 2 Wonosalam pada pukul 07.00 WIB s.d 08.00 WIB.
Setelah selesai memasak, panitia dan peserta melakukan makan bersama pada pukul 08.00 WIB s.d 09.00 WIB
Dan dilanjutkan dengan kegiaan permainan persahabatan dimana dalam kegiatan ini panitia sebagai juri dalam permainan dan peserta sebagai pemain dalam permainan persahabatan tersebut dan alat dalam kegiatan permainan sudah disiapkan oleh peserta. Dilakukannya di Aula Panglungan 2 Wonosalam pada pukul 09.00 WIB s.d 10.00 WIB.
Kegiatan terakhir, dilanjutkan dengan bersih-bersih, apel penutupan yang diikuti oleh peserta, panitia dan pembina apel oleh saudari Sera Dwi Andini sebagai alumni KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang Angkatan 23 dan persiapan pulang dari Panglungan 2 Wonosalam menuju kampus yang telah dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB.
Foto bersama panitia dan peserta setelah kegiatan Diklat Dasar KSR PMI Unit STKIP PGRI Jombang Angkatan 26 Tahaun 2022/2023 sudah terlaksanakan di Bumi Perkemahan Panglungan 2 Wonosalam Jombang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *